Ready C200 AMG Line NIK2021 ! Ready C180 Progressive Line NIK2021 ! New GLA200 AMG Line CKD, Book Now ! New A200 Sedan CKD, Book Now !
Menu
Model
Beranda » Tips & Trick » Amankah Berpindah Transmisi Dalam Posisi Kendaraan Berjalan Pada Mobil Matic Konvensional (AT)

Amankah Berpindah Transmisi Dalam Posisi Kendaraan Berjalan Pada Mobil Matic Konvensional (AT)

Dipublish pada 22 October 2020 | Dilihat sebanyak 13 kali | Kategori: Tips & Trick

Untuk para pengguna mobil matic konvensional (AT), pasti banyak yg tidak sadar bahwa dalam buku panduan kendaraan, kita disarankan untuk berganti gigi disaat mobil berhenti.
Seperti berganti transmisi dari D ke R, atau sebaliknya. Memindahkan gigi dalam kondisi mobil diam akan lebih aman, sedangkan jika dalam kasus mobil berjalan tentunya akan berbeda. Seperti contohnya saat mobil diposisi jalan yang menanjak, mobil membutuhkan torsi dalam posisi gigi rendah untuk dapat menaiki tanjakan.
Atau dalam posisi jalan yang menurun, tentunya membutuhkan bantuan engine brake supaya mobil tidak mudah melesat tanpa arah saat turunan.
Kita kembali pada bahasan awal, jd apakah sbenarnya aman kita memindahkan gigi saat kendaraan kita sedang berjalan ??
Ternyata menurut salah satu kepala bengkel di Jakarta, hal tersebut aman saja dilakukan. Hal tersebut karna rasio pada transmisi gigi matic sudah disesuaikan untuk kebutuhan tertentu. Misal dalam keadaan kendaraan mebutuhkan overdrive untuk menyalip, menanjak, ataupun menurun.
Oleh karna itu kita harus menyesuaikan penggunaan gigi matic kita sesuai kebutuhannya supaya gigi matic kita lebih awet. Dan berikut penggunaan yg baik supaya transmisi matic kita berumur lebih panjang :
1. Oli Transmisi tidak Bocor
2. Ganti Oli Transmisi secara rutin sesuai jadwalnya
3. Lakukan Lick Down dan Engine Brake secara proporsional
4. Jangan pernah melakukan towing saat darurat. Hal ini berkaitan dengan roda yg berputar tanpa menghidupkan mesin. Karna mesin akan bekerja tanpa pelumasan, sehingga berpotensi merusak gigi transmisi.

Bagikan

Belum ada komentar

Artikel Menarik Lainnya
Mematikan AC Untuk Menghemat BBM, Mitos Atau Fakta?

Mematikan AC Untuk Menghemat BBM, Mitos Atau Fakta?

Dipublish pada 27 October 2020 | Dilihat sebanyak 5 kali | Kategori: Tips & Trick

Ada kepercayaan bahwa mematikan Air Conditioner (AC) dapat menghemat konsumsi bahan bakar kendaraan kita. Tapi apakah benar atau hanya mitos belaka ? Menurut salah satu kepala bengkel di jakarta, hal tersebut memang berpengaruh terhadap mobil mobil tertentu. Untuk mobil mobil... selengkapnya

Spooring dan Balancing, apa sih bedanya?

Spooring dan Balancing, apa sih bedanya?

Dipublish pada 15 October 2020 | Dilihat sebanyak 9 kali | Kategori: Berita

Spooring dan Balancing, nama yang familiar dan umum saat kita pergi ke toko ban dan mengganti ban. Tapi ada beberapa orang yang mengira bahwa nama itu adalah satu kesatuan. Padahal faktanya spooring dan balancing adalah dua hal yang sangat berbeda.... selengkapnya

Sampai Jutaan Rupiah,, Ini Deretan Masker Termahal Didunia

Sampai Jutaan Rupiah,, Ini Deretan Masker Termahal Didunia

Dipublish pada 14 October 2020 | Dilihat sebanyak 3 kali | Kategori: Berita

Pandemi Covid-19 saat ini memaksa kita para masyarakat untuk mempunyai gaya hidup normal yang baru. Salah satunya adalah mewajibkan setiap orang untuk memakai masker dalam setiap aktivitasnya keluar rumah. Dari situ munculah trend fashion baru pada penggunaan masker sehari-hari. Merek-merek... selengkapnya

Our Office

Authorized Dealer Mercedes Benz
Jl. TB Simatupang Kav.5
Cilandak Barat, Jakarta Selatan | 12430
+62 821 1950 6655