Ready C200 AMG Line NIK2021 ! Ready C180 Progressive Line NIK2021 ! New GLA200 AMG Line CKD, Book Now ! New A200 Sedan CKD, Book Now !
Menu
Model
Beranda » Tips & Trick » Hindari Kebiasaan Ini Jika Anda Sayang Mobil Anda

Hindari Kebiasaan Ini Jika Anda Sayang Mobil Anda

Dipublish pada 15 October 2020 | Dilihat sebanyak 84 kali | Kategori: Tips & Trick

Seiring dengan pemakaian,, pastinya mobil akan mengalami perbaikan karna terkikisnya beberapa part karna sering dipakai dan habis. Dan itu pastinya membutuhkan biaya supaya kondisi mobil akan tetap slalu maksimal dan prima.

Kita tidak bisa menghindari hal hal itu tapi kita bisa memperpanjang umur pemakaian komponen tersebut jika kita bisa tau cara menggunakannya dengan baik.

Karna salah satu sebab mobil cepat rusak adalah bagai mana cara sang pemilik kendaraan menggunakan kendaraan nya dengan baik.

Dan berikut saya akan kutip 5 kebiasaan buruk para pengendara dalam menggunakan mobilnya yg bisa menyebabkan mobil cepat rusak.

1. Menggunakan Gigi Netral Dijalan Menurun

Saat dijalan menurun seringkali pengendaran menggunakan gigi netral, sehinggal pengendara hanya perlu memainkan rem saat akan berhenti dan melepasnya saat ingin jalan kembali.

Tetapi tentunya hal seperti ini sangat berbahaya dan dapat berujung pada kerusakan mobil karna terjadi nya kecelakaan.

Mobil akan melaju cepat dan terasa ringan saat berjalan di jalan yang menurun menggunakan gigi netral. Tetapi saat kita melaju kencang dengan ringan, kita akan lebih sulit mengontrol laju mobil kita baik saat akan mengerem maupun memasukan gigi kembali.

Dan hal ini berpotensi membuat mobil yang kita kendarai menjadi slip dan tidak terkontrol yang berujung kepada kecelakaan. Oleh karna itu, sebaiknya kita memasukan mobil kita pada transmisi rendah sehingga laju mobil tidak terlalu ringan.

2. Mengerem Secara Mendadak

Pengereman secara dadakan tentunya akan mempersingkat masa pemakaian kampas rem. Saat kita mengerem secara mendadak itu tandanya kita sedang dalam kecepatan tinggi.

Belajar untuk mendapatkan pengereman dari jauh sehingga kita bisa mengambil ancang-ancang untuk berhenti tanpa harus dadakan. Selain itu, melaju dengan kecepatan yang aman tentunya akan mengurangi beban kampas rem untuk mengerem berat.

3. Menggeber Gas Secara Dadakan

Memang ada beberapa orang yang senang mendapatkan sensai hentakan dorongan yang terjadi saat kita menggeber gas mobil kita dengan penuh secara tiba2. Namun tentunya sbenernya hal ini tidak disarankan sering dilakukan, karna penggunaan dasar kendaraan kita sejatinya bukan untuk balapan.

Karna perlu Anda perhatikan, disaat kita menggeber gas mobil dengan penuh secara dadakan, mesin mobil kita dipacu untuk mencapai RPM tinggi dalam waktu yang singkat. Tentunya hal tersebut jika sering dilakukan akan mengikis komponen mesin lebih cepat dari normal pemakaiannya.

Dan tidak lupa konsumsi BBM pastinya menjadi lebih boros karna menyemburkan bensin lebih banyak untuk memacu kinerja mesin pada RPM tinggi dengan cepat.

4. Tidak Mematikan Lampu Kabin

Banyak yang tidak memperhatikan hal kecil ini, pengendara tidak/lupa mematikan lampu kabin saat berkendara. Padahal hal ini bisa berpotensi menyebabkan kerusakan pada kelistrikan dalam kabin mobil.

Kenapa bisa demikian ? Karma pada saat mesin menyalah dan kendaraan berjalan, maka aliran listrik ke aki akan terputus, sehingga untuk kelistrikan dialihkan ke energi cadangan sementara.

Dan tidak hanya itu, ada juga beberapa kasus yang mengakibatkan mesin mobil menjadi sulit untuk dinyalahkan.

5. Tidak Rutin Untuk Service

Tentunya tidak diragukan lagi hal ini dapat membuat mobil kita lebih cepat rusak. Kita melakukan service bukan hanya untuk merawat kendaraan kita. Melainkan juga mengantisipasi kerusakan kerusakan yang mungkin dapat terjadi.

Bagikan

Belum ada komentar

Our Office

Authorized Dealer Mercedes Benz
Jakarta, Indonesia.