Ready C200 AMG Line NIK2021 ! Ready C180 Progressive Line NIK2021 ! New GLA200 AMG Line CKD, Book Now ! New A200 Sedan CKD, Book Now !
Menu
Model
Beranda » Tips & Trick » Ini Penyakit Yang Sering Dialami Radiator

Ini Penyakit Yang Sering Dialami Radiator

Dipublish pada 14 October 2020 | Dilihat sebanyak 66 kali | Kategori: Tips & Trick

Radiator adalah salah satu komponen yang penting pada mobil kita karna memiliki fungsi utama untuk mendinginkan mesin. Oleh karna itu kita harus memperhatikan kesehatan radiator kendaraan kita, jangan sampai ada hal yg tidak diinginka terjadi karna radiator kendaraan kita berfungsi tidak maksimal.
Umumnya part pada kendaraan kita terbuat dari bahan plastik, yang dimaksudkan supaya lebih tahan panas. Tetapi tetap saja walaupun demikian, bahan plastik juga memiliki batasan maksimal terhadap ketahanan panas.
Pipa radiator menjadi rawan bermasalah karna part ini lebih rentan terkena panas berlebih dari mesin sehingga menyebabkan pipa ini memuai dan melengkung.
Jika hal tersebut terjadi,, dapat menyebabkan distribusi oli menjadi kurang maksimal. Dari situ bisa menjalar ke part part lain karna kurang nya distribusi oli untuk fungsi pelumasan membuat part lain menjadi cepat aus dan dampak terburuknya bisa sampai turun mesin.
Sebab itu kita harus bisa melihat saat radiator kendaraan kita mulai bermasalah. Berikut kutipannya :

1. Kipas Radiator mati

Saat kondisi mesin kendaraan kita terlalu panas atau overheat, hal itu dapat menyebabkan kipas radiator kita mati. Hal tersebut terjadi dikarnakan kipas radiator kekurangan air radiator sehingga kipas radiator tidak dapat supplay air untuk mendinginkan mesin kendaraan kita.

2. Radiator Rusak Dikarnakan Benturan

Benturan pada radiator mobil kita bisa terjadi karna banyak sebab. Salah satunya karna terbentur batu sehingga mengalami disfungsi. Dari benturan tersebut membuat part pada radiator retak, penyok atau pecah.
Dikarnakan kerusakan itu, air radiator menjadi lebih mudah habis sedangkan air radiator berfungsi sangat penting dalam mendinginkan mesin.

3. Selang Radiator Tersumbat

Jika selang pada radiator kendaraan kita tersumbat, otomatis distribusi air radiator menjadi terganggu dan menyebabkan mesin mudah overheat karna kurangnya suplay pendinginan.

4. Radiator Bocor

Untuk masalah radiator yang bocor, kita dapat mengecek nya dengan melihat tetesan air dibawah kendaraan kita. Jika air tetesan terdapat di bagian tengah belakang mobil, jangan khawatir karna hal tersebut adalah tetesan dari air AC. Tp jika tetesan terlihat pada bagian bawah mesin, itu adalah kebocoran pada radiator kendaraan kita.

5. Korosi

Anda bisa melihatnya langsung ke radiator mobil Anda. Jika anda lihat terdapat korosi, bisa dipastikan radiator kendaraan Anda mengalami kebocoran.

Bagikan

Belum ada komentar

Our Office

Authorized Dealer Mercedes Benz
Jakarta, Indonesia.